Diberdayakan oleh Blogger.

SULIT MENEMUKAN JUDUL PENELITIAN


Berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang saya lakukan, saya mengalisa bahwa ada beberapa masalah yang menyulitkan mahasiswa memperoleh judul-judul penelitian yang aktual, bagus dan  berkualitas
Permasalahan muncul bagi rekan mahasiswa tadi tatkala diminta menentukan judul penelitiannya. Mereka bingung dan mengalami kesulitan. Bagaimana cara menemukan judul tersebut. Akibatnya, terjadilah penyakit yang anak remaja sekarang bilang lagi “Galau”.
Penulis mencoba untuk membuka permasalahan ini, kenapa sulit sekali mencari informasi dan menentukan Judul Penelitian

Masalah pertama yang menyulitkan mahasiswa untuk menemukan sebuah judul penelitian adalah kurang kritisnya mahasiswa dalam melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Artinya, apa yang mau diangkat menjadi suatu judul penelitian, sedangkan masalahnya saja tidak tahu.
Demikian halnya dengan dosen. Dosen juga harus kritis terhadap fenomena-fenomena yang ada. Dengan demikian dapat membantu mengarahkan mahasiswa untuk mengkritisi suatu masalah .

Masalah kedua adalah tidak ada atau kurangnya konsep dan teori untuk mengangkat suatu masalah untuk diteliti. Kurangnya konsep dan teori merupakan indikasi bahwa mahasiswa kekurangan ilmu pengetahuan. Tanpa konsep dan teori seorang mahasiswa sulit sekali menemukan suatu permasalahan untuk dikaji ulang atau cek and ricek melalui suatu penelitian ataupun memberikan solusi untuk mengatasi suatu masalah.
Kekurangan konsep dan teori ini bukan saja dari sisi mahasiswa, tetapi juga dari sisi dosen. Jika dosen memiliki konsep dan teori jelas ada tanda-tanda perbaikan dan adanya masalah-masalah actual baru yang terus diteliti. Tetapi jika dosen sendiri kekurangan konsep dan teori, maka hal yang sama juga akan dialami oleh mahasiswanya. 

Masalah ketiga adalah kurikulum mata kuliah metodologi penelitian di kalangan Perguruan Tinggi , tidak memungkin mahasiswa untuk melakukan penelitian yang lebih unggul. Isi materi matakuliah metodologi penelitian sangat-sangat terbatas. Akibatnya adalah mahasiswa dalam mencari judul dan menulis skripsi hanya berkisar pada judul-judul pasaran yang ada pada sebuah almamater tersebut. Kita tidak pungkiri, dan harus angkat topi terhadap kurikulum ini, karena sudah menolong menghasilkan banyak sarjana. Sekalipun demikian, tidak ada salahnya kalau kita mengkritisinya untuk memperbaiki dan menigkatkan kualitas metodologi penelitian di kalangan Perguruan Tinggi.

Masalah keempat adalah Sekolah Tinggi dan Universitas  belum memiliki dosen metodologi penelitian yang berkompeten dibidang penelitian. Dosen metodologi penelitian yang berkompeten disini adalah dosen yang benar-benar memahami Metode Penelitian berbagai jurusan. Juga memahami bagaimana mengaplikasikan berbagai model dan metode penelitian dalam penelitian-penelitian pada berbagai program studi diperguruan tinggi. Jika ini terjadi, saya yakin, akan menghasilkan suatu peningkatan dibidang penelitian dan juga akan menghasilkan teori dan penemuan ilmu-ilmu baru.

Demikian Penjelasan saya tentang alasan dari kesulit mahasiswa dan dosen menemukan Judul penelitian yang baik dan berkualitas

Jadi bagi anda Mahasiswa yang kesulitan menemukan Judul Penelitian
Penulis akan membantu anda menemukan apa yang mungkin bisa dijadikan referensi langkah menulis Judul penelitian 

2 komentar: