SULIT MENEMUKAN JUDUL PENELITIAN
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang saya
lakukan, saya mengalisa bahwa ada beberapa masalah yang menyulitkan mahasiswa
memperoleh judul-judul penelitian yang aktual, bagus dan berkualitas
Permasalahan muncul bagi rekan mahasiswa tadi tatkala
diminta menentukan judul penelitiannya. Mereka bingung dan mengalami kesulitan.
Bagaimana cara menemukan judul tersebut. Akibatnya, terjadilah penyakit yang
anak remaja sekarang bilang lagi “Galau”.
Penulis mencoba untuk membuka permasalahan ini, kenapa
sulit sekali mencari informasi dan menentukan Judul Penelitian
Masalah pertama yang menyulitkan mahasiswa untuk
menemukan sebuah judul penelitian adalah kurang kritisnya mahasiswa dalam
melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Artinya, apa yang mau diangkat
menjadi suatu judul penelitian, sedangkan masalahnya saja tidak tahu.
Demikian halnya dengan dosen. Dosen juga harus kritis
terhadap fenomena-fenomena yang ada. Dengan demikian dapat membantu mengarahkan
mahasiswa untuk mengkritisi suatu masalah .
Masalah kedua adalah tidak ada atau kurangnya konsep
dan teori untuk mengangkat suatu masalah untuk diteliti. Kurangnya konsep dan
teori merupakan indikasi bahwa mahasiswa kekurangan ilmu pengetahuan. Tanpa
konsep dan teori seorang mahasiswa sulit sekali menemukan suatu permasalahan
untuk dikaji ulang atau cek and ricek melalui suatu penelitian ataupun
memberikan solusi untuk mengatasi suatu masalah.
Kekurangan konsep dan teori ini bukan saja dari sisi
mahasiswa, tetapi juga dari sisi dosen. Jika dosen memiliki konsep dan teori
jelas ada tanda-tanda perbaikan dan adanya masalah-masalah actual baru yang
terus diteliti. Tetapi jika dosen sendiri kekurangan konsep dan teori, maka hal
yang sama juga akan dialami oleh mahasiswanya.
Masalah ketiga adalah kurikulum mata kuliah metodologi
penelitian di kalangan Perguruan Tinggi , tidak memungkin mahasiswa untuk
melakukan penelitian yang lebih unggul. Isi materi matakuliah metodologi
penelitian sangat-sangat terbatas. Akibatnya adalah mahasiswa dalam mencari judul
dan menulis skripsi hanya berkisar pada judul-judul pasaran yang ada pada
sebuah almamater tersebut. Kita tidak pungkiri, dan harus angkat topi terhadap
kurikulum ini, karena sudah menolong menghasilkan banyak sarjana. Sekalipun
demikian, tidak ada salahnya kalau kita mengkritisinya untuk memperbaiki dan
menigkatkan kualitas metodologi penelitian di kalangan Perguruan Tinggi.
Masalah keempat adalah Sekolah Tinggi dan
Universitas belum memiliki dosen
metodologi penelitian yang berkompeten dibidang penelitian. Dosen metodologi
penelitian yang berkompeten disini adalah dosen yang benar-benar memahami
Metode Penelitian berbagai jurusan. Juga memahami bagaimana mengaplikasikan
berbagai model dan metode penelitian dalam penelitian-penelitian pada berbagai
program studi diperguruan tinggi. Jika ini terjadi, saya yakin, akan
menghasilkan suatu peningkatan dibidang penelitian dan juga akan menghasilkan
teori dan penemuan ilmu-ilmu baru.
Demikian Penjelasan saya tentang alasan dari kesulit mahasiswa dan dosen menemukan Judul
penelitian yang baik dan berkualitas
Jadi bagi anda Mahasiswa yang kesulitan menemukan
Judul Penelitian
Penulis akan membantu anda menemukan apa yang mungkin
bisa dijadikan referensi langkah menulis Judul penelitian
Tambah pusing bacanya. Itu mah kritisi bukan solusi.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus